in Pemula

Apakah Mata Uang Kripto Dapat Dipercaya?

Pertanyaan seperti ini sering saya temui ketika mencoba untuk menjelaskan seputar mata uang kripto. Jawabannya mungkin sedikit ada kemiripan dengan pertanyaan apakah semua perusahaan dapat dipercaya? Mungkin kita akan menemukan jawaban yang sama, yaitu sangat tergantung dari sistem yang dijalankan dan dampaknya terhadap kebutuhan umum. Tidak sedikit yang skeptis bahwa mata uang kripto seperti ponzi, atau mata uang yang hanya digunakan dalam sebuah permainan (games). Pendapat itu tidak sepenuhnya salah, karena memang ada beberapa pihak tertentu yang menggunakan mata uang kripto untuk sistem ponzi nya atau hanya digunakan dalam sebuah games.

Salah satu cara sederhana untuk mengetahui apakah sebuah mata uang kripto itu dapat dipercaya adalah dengan melihat kapital pasar yang mendukungnya. Dapat dilihat dari CoinMarketCap. Total nominal yang tercantum pada masing-masing mata uang kripto itulah tingkat kepercayaan publik. Bitcoin sendiri memiliki kapital pasar sebesar lebih dari 700 milyar dollar Amerika saat menulis artikel ini. Selain melihat besaran kapital pasar, kita harus melakukan riset lebih jauh sebelum mempercayai sebuah mata uang kripto, jangan serta merta mempercayainya begitu saja. Alasannya cukup sederhana, yaitu besaran kapital pasar mata uang kripto masih sangat kecil, yaitu hanya 1/10 dari kapital pasar emas saat menulis artikel ini. Dan masih di bawah kapital pasar perusahaan-perusahaan raksasa dunia. Posisi seperti ini dapat dengan mudah digoyang oleh pemain-pemain raksasa untuk menimbulkan efek bubble pada mata uang kripto, yaitu dengan membeli banyak pada harga rendah dan menjualnya kembali pada harga tinggi, di saat itulah bubble akan pecah dan harga akan hancur.

Jika Anda termasuk investor jangka pendek mungkin sudah cukup melihat kapital pasar, karena akan masuk ke wilayah perdagangan jangka pendek untuk mengambil keuntungan instan. Namun jika Anda termasuk investor jangka panjang, ada baiknya untuk melakukan riset lebih dalam. Jangan sampai terperdaya oleh misalnya sebuah cuitan di twitter oleh orang-orang terkenal di dunia, seperti yang pernah dilakukan oleh Elon Musk yang sempat memompa harga cukup tinggi dan akhirnya jatuh kembali cukup dalam.

Selain melihat kapital pasar, cara sederhana lainnya adalah mencari informasi adopsi mata uang kripo pada kehidupan nyata. Apakah mata uang kripto itu sudah digunakan sehari-hari oleh banyak orang atau belum, beritanya dapat dilihat pada website yang memberitakannya, lima di antaranya adalah: CoinTelegraph, The Daily Hodl, AMBCrypto, CryptoPotato dan U.Today. Selain lima website-website itu, juga dapat dilihat pada website-website berita investasi mainstream yang topiknya tidak dikhususkan seputar mata uang kripto.

Cara sederhana berikutnya adalah mengetahui kemudahan transaksi di negara tempat tinggal kita. Apakah cukup mudah mendapatkan mata uang kripto tersebut dan menjualnya kembali. Tingkat kemudahan ini dapat dilihat dari volume transaksi hariannya. Seperti di Indodax, secara rata-rata 10 besar mata uang kripto di sana memiliki volume puluhan milyar rupiah. Jadi, dari sini dapat kita hitung jika transaksi mata uang kripto kita masih di bawah 1 milyar per hari, maka jual maupun beli mata uang kripto tersebut masih terbilang mudah. Lain halnya jika volume transaksi kita di atas itu.

Namun, apabila Anda seorang investor raksasa. Sangat disarankan untuk menyewa orang-orang dengan kemampuan matematika yang cukup kuat untuk mempelajari secara teknis sebuah mata uang kripto. Yang perlu didalami dari sebuah mata uang kripto untuk dapat dipercaya adalah seberapa besar potensi adopsinya di masa depan. Potensi adopsi sebuah mata uang kripto yang saya ketahui sangat dipengaruhi oleh banyak hal, di antaranya: rendahnya biaya transaksi saat ini dan di saat harganya naik, kecepatan transaksi, kemampuan smart contract, dan masih banyak lagi yang mungkin akan saya bahas pada artikel terpisah.

Photo by lauren lulu taylor on Unsplash.

Tinggalkan Komentar

Comment